Senin, 03 Februari 2014

I.          Sepuluh Hukum Allah:
Asalnya:
Dari tuhan sendiri, yang diberikan kepada bangsa Israel melaui Musa. 
Kel 20:3-17, Ul 5:7-21.
Ini adalah suatu hukum yang diberikan kepada bani Israel setelah Tuhan melepaskan mereka dari perhambaan Mesir, tetapi hukum moral ini tidak sesuai digunakan oleh orang-orang kristen masa kini.
 
Isi sepuluh hukum tsb adalah sbb:
1.  Jangan ada padamu allah lain dihadapanKu (Jehova).  Dia adalah Tuhan yang terhormat, termulia dan Esa, sedangkan yang lain adalah palsu.  Kita tidak boleh menyembah iblis.
2.  Jangan diperbuat olehmu akan patung ukiran.
3.  Jangan kamu menyebut nama Tuhan Allahmu dengan sia-sia.  Ini berarti kita tidak boleh mempermainkan nama Tuhan. Semua akte-akte atau perjanjian nikah yang dibuat demi nama Tuhan, tidak dapat dimungkiri.
4.   Ingatlah dan sucikanlah hari Sabat.
Hari Sabat adalah hari Sabtu.  Ini adalah hari yang harus ditaati oleh orang-orang yang berada dibawah hukum Taurat.  Hari Sabat adalah untuk memperingati hari dimana Tuhan menghentikan pekerjaan penciptaanNya, yaitu pada hari ketujuh.  Dalam P.B.,orang kristen yang telah ditebus oleh Tuhan, yang berada dibawah augerah, memakai hari Minggu sebagai suatu hari peringatan Kebangkitan Kristus.  Sebab itu hari Miggu harus disucikan oleh orang Kristen.  Hendaklah pada hari iitu kita meletakkan perkara-perkara dunia  dan dengan hikmat berbakti kepada Tuhan, memperingati Tuhan dan anugerahNya.
Orang Kristen tidak boleh mengambil alasan apapun untuk tidak berbakti pada hari Minggu, karena ini adalah hal yang tidak berkenan kepada Tuhan.
5.   Berilah hormat akan ibu bapamu.
Orang Kristen harus menunaikan kewajiban sebagai seoang anak, yaitu menghormati dan berbakti kepada orang tuanya.  Tetapi semuanya ini harus dilakikan dengan “didalam Tuhan” sebagai prinsip.  Ef 6:1.
6.   Jangan kamu membunuh.
Selain diujukan kepada perbuatan yang nyata, juga pada pikiran-pikiran dan niat hati jahat.  Misalnya: dengki, cemburu, kejam, bengis, dll.
7.   Jangan kamu berzinah.
Orang Kristen harus menjaga kesucian tubuh dan hatinya, tidak boleh mengikuti tabiat duniawi.  Haruslah kita menghormati perkawinan dan mentaati satu sistem, satu suami dan satu istri.  Mat 5.
8.  Jangan kamu mencuri.
Dalam hal ini, juga termasuk perbuatan meminjam barang, kemudian tidak mau membayar/ mengembalikannya kembali, ataudidalam perdagangan dengan tipu muslihat berusaha mendapat keuntungan.
9.   Jangan kamu bersaksi dusta, untuk mencelakakan orang.
Apa yang harus kita katakan adalah: “Ya “ diatas yang “ya”, dan “tidak” diatas yang “tidak”. Mat 5:37.
10. Jangan kamu tamak.
Harus merasa puas akan apa yang telah diatur oleh Tuhan dan puas dalam segala hal.
 
II.         Hukum Kristus dapatlah disimpulkan sbb:
“Hendaklah engkau mengasihi Allah Tuhanmu dengan sebulat hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan sepenuh akal budimu.  Inilah hukum yang terbesar dan terutama”.  Dan hukum yang kedua yang bersama dengan itu, demikian: “Hendaklah engkau mengasihi sesamamu seperti dirimu sendiri”.
Pada kedua hukum ini tercantum segenap kitab taurat dan kitab para nabi.
Mat 22:37-40.

0 komentar :

Posting Komentar